Langsung ke konten utama

Limbah Deterjen mencemari Sungai Brantas


Penyebab paling utama terjadinya pencemaran air di sepanjang aliran Sungai Brantas adalah karena Limbah domestik serta limbah industri. Oleh karenanya, air yang melintas di kawasan perkotaan serta kawasan industri kualitasnya akan terus menurun.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Utama Perum Jasa Tirta I, Raymond Valiant Ruritan. Menurutnya, salah satu limbah domestik yang lumayan berbahaya adalah penggunbaan sabun atau deterjen serta pemakaian pestisida yang juga berpengaruh cukup besar terhadap pencemaran air.

Raymod mengatakan “Pemakaian deterjen tentu saja menyebabkan air mengandung banyak sekali kandungan hidrokarbon. Kita tahu bahwa penggunaan pestisida bisa mematikan bila terakumulasi”. Kendati demikian, Raymond menyampaikan bahwa kualitas air di sepanjang aliran Sungai Brantas stagnan dalam beberapa waktu terakhir ini, yakni tidak bertambah buruk dan tidak bertambah bagus.

“Kita bisa katakan kualitas air tidak menjadi lebih buruk belakangan ini,” jelasnya. Dalam waktu dekat, pihaknya akan melakukan studi terhadap pencemaran air yang terjadi di sepanjangan aliran Sungai Brantas. Kajian itu untuk mengukur penyebab pencemaran itu terjadi. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2000 menyebutkan bahwa “60 persen pencemaran yang terjadi di sungai diakibatkan oleh limbah domestik. Sisanya, sebesar 40 persen berasal dari limbah industri”.

“Sebuah studi yang dilakukan sekitar tahun 2000, menyatakan bahwa sebesar 60 persen beban limbah yang masuk ke dalam sungai merupakan limbah domestik dan hanya 40 persen saja yang berasal dari industri, itu di bagian hulu Sungai Brantas,” ujar Raymond. Dalam studi nanti, pihaknya akan kembali mengukur persentase seberapa besar limbah yang masuk ke sungai. Studi tersebut akan melibatkan akademisi dari perguruan tinggi.

“Kami Perum Jasa Tirta akan melakukan pengecekan ulang untuk mengetahui apakah muatan limbah yang masuk ke sungai masih sebagian besar berasal dari rumah tangga atau sudah beralih ke arah industri. Ini akan kami lakukan pada tahun ini,” ungkapnya.

Penanganan limbah di indonesia masih sulit untuk di kontrol oleh pemerintah, mengingat kurangnya kesadaran terutama dari masyarakat indonesia sendiri terhadap kelestarian lingkungan terutama air. Melihat masalah tersebut, indonesia harus mencontoh negara jepang yang membuat berbagai macam produk yang ramah lingkungan. Sebagai contoh produk deterjen teknologi terbaru dari Jepang, Class One.

Class One merupakan deterjen yang dapat digunakan sebagai degreaser, oil stain removal untuk industri atau bahkan sabun pembersih yang dapat digunakan untuk rumah tangga. Sabun ini sangat efektif, tidak hanya menghilangkan tapi juga mampu mengurai minyak hingga ukuran nanometer. Sehingga ketika limbah hasil membersihkan minyak dibuang ke sungai, limbah tersebut dapat dimakan oleh microorganisme di dalam air.

Penggunaan produk-produk eco-friendly merupakan salah satu salusi yang tidak hanya mencegah terjadinya pencemaran pada lingkungan tapi juga membantu melestarikan lingkungan untuk generasi selanjutany.

Sumber: Kompas.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Jenis Cairan Pembersih Mesin Mobil

Selama ini yang sering menjadi fokus perawatan bagi para pemilik mobil adalah bagian eksterior dan interior saja. Padahal bagian jeroan mobil alias mesin juga perlu perawatan agar performa mesin tidak menurun. Supaya mesin mobil bisa tetap awet, tahan lama dan bebas dari kerak minyak, oli maupun kotoran lainnya. Cara merawat mesin pun ada berbagai macam, salah satunya adalah menggunakan cairan pembersih khusus. Tapi ingat! jangan sampai salah beli cairan pembersih. Karena, masing masing prosuk memiliki fungsi yang berbeda. Berikut janis dan fungsi cairan pembersih mesin. 1. Class One Merupakan jenis sabun khusus untuk membersihkan kerak minyak dan kotoran lainnya. Sabun Class One dapat menguraikan minyak dan kerak minyak tanpa merusak mesin maupun menimbulkan karat, karena sabun class one merupakan water base. Sabun ini berfungsi untuk membersihkan kotora seperti kerak oli pada bagian luar mesin. Cara menggunakan sabun ini adalah dengan disemprotkan ke bagian yang kotor, diam

Ganti power tools lama Anda!

Saat ini teknologi banyak mengalami kemajuan dari berbagai aspek, mulai dari peratalan sehari-hari hingga peralatan dan teknologi untuk industri. Banyak peralatan yang mengalami kemajuan dari yang konvensional harus mengubungkan ke saluran listrik sebelum dipakai menjadi portable, peralatan listrik yang dapat dipakai kapan saja dan dimana saja tanpa bantuan kabel. Teknologi portable saat ini semakin populer, salah satunya adalah cordless power tools atau perkakas listrik nirkabel seperti Bosc, Makita dan Dewalt yang merupakan brand yang sangat populer di seluruh dunia. Saat ini cordless power tools lebih populer dibandingkan power tools biasa yang perlu dihubungkan melalui socket listrik. cordless power tools lebih praktis dan Anda tidak perlu repot-repot mencari soket untuk mengoprasikannya. Karena dijalankan dengan bantuan baterai, alat nirkabel dapat dengan mudah diisi daya dan Anda dapat menggunakan perangkat terus menerus selama berjam-jam. Beberapa teknologi terbaru bahkan da

6 tipe roller blind beserta fungsinya

Mungkin Anda sering melihat tirai roller blind di gedung maupun pabrik, tapi tahukah Anda, ternyata ada 6 kategori utama kain layar atau mesh yang dapat digunakan pada roller blind dan produk terkait. Tiap jenis roller blind memiliki fungsinya masing-masing seperti yang akan kami jelaskan di bawah ini. 1. Solar Screen Solar Screen adalah yang paling banyak diproduksi dan paling banyak diminati diantara semua jenis roller blind, karena lebih efisien dan lebih tahan lama. Saat ini para produsen roller blind telah membuat jenis solar screen dengan berbagai warna, fungsi utama solar screen adalah mengurangi silau, memantulkan cahaya dan menjaga sinar UV yang ditimbulkan dari matahari. 2. Privacy Screen Privacy Screen biasanya terbuat dari Polyester, Fiberglass, Linen, Kapas atau bahan lainnya. Privacy Screen dapat memberikan perlindungan matahari yang sama jika dibandingkan dengan Solar Screens, tetapi Privacy Screen tidak memiliki daya tahan tambahan dari lapisan Vinyl. Privacy