Selama ini yang sering menjadi fokus perawatan bagi para pemilik mobil adalah bagian eksterior dan interior saja. Padahal bagian jeroan mobil alias mesin juga perlu perawatan agar performa mesin tidak menurun.
Supaya mesin mobil bisa tetap awet, tahan lama dan bebas dari kerak minyak, oli maupun kotoran lainnya. Cara merawat mesin pun ada berbagai macam, salah satunya adalah menggunakan cairan pembersih khusus.
Tapi ingat! jangan sampai salah beli cairan pembersih. Karena, masing masing prosuk memiliki fungsi yang berbeda. Berikut janis dan fungsi cairan pembersih mesin.
1. Class One
Merupakan jenis sabun khusus untuk membersihkan kerak minyak dan kotoran lainnya. Sabun Class One dapat menguraikan minyak dan kerak minyak tanpa merusak mesin maupun menimbulkan karat, karena sabun class one merupakan water base. Sabun ini berfungsi untuk membersihkan kotora seperti kerak oli pada bagian luar mesin.Cara menggunakan sabun ini adalah dengan disemprotkan ke bagian yang kotor, diamkan selama kurang lebih 15-30 menit tergantung kondisi kotoran. Selanjutnya bersihkan dengan brush atau sikat.
2. Engine Degreaser
Cairan pembersih berbahan solvent, teksturnya lebih keras. Cairan ini berfungsi untuk membersihkan kotoran maupun daki pada bagian luar mesin.Formula yang terkandung dalam engine degreaser ini akan mengikat dan melarutkan kotoran yang membandel. Cara pakainya adalah dengan menyemprotkan ke bagian yang kotor pada saat mesin masih dalam kondisi hangat. Kemudian bersihkan dengan air menggunakan selang.
3. Engine Flush
Merupakan detergen khusus yang dapat membersihkan kotoran di dalam karter mesin dan jalur oli. Cara menggunakan cairan pemberih ini adalah dengan memasukkan cairan pembersih ke dalam mesin melalui lubang oli.Nyalakan mesin selama kurang lebih 15 menit. Kemudian buang cairan melalui pembuangan oli. Kandunagn pembersih yang kuat dalam Engine Flush mampu membersihkan sludge dan karbon di ring piston.
4. Engine Conditioner
Cairan pembersih yang juga berbahan solvent, teksturnya berbentuk foam atau busa. Cairan ini berfungsi untuk membersihkan ruang bakar dengan cara menyemprotkan cairan ke ruang bakar melalui lobang busi.Ketika membersihkan, sebaiknya suhu mesind alam kondisi hangat. karena, dengan suhu suhu yang hangat, akan membantu cairan di dalam cepat menguap. Selain itu, ketika panas, kerak karbon akan lebih mudah larut. Kotoran kerak dan karbon yang menempel di kepala poston dan vleve secara perlahan akan terkikis dan di buang melalui lubang knalpot.
Komentar
Posting Komentar